BI Corner Lecture Series 4

BI Corner Lecture Series 4

Kegiatan BI Corner Lecture Series 4 ini dilaksanakan pada tanggal 3 November 2017 yang dibawakan oleh salah satu alumni program studi ilmu ekonomi, yaitu Mba Janatul Liutammima Musta’in, S.E, M.Sc. Mba Jannah (nama panggilan) membawakan materi tentang Implementasi Kebijakan Makroprudensial Pada Sistem Perbankan Ganda di Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh para mahasiswa yang antusias ingin belajar ilmu ekonomi dengan Mba Jannah selaku alumni prodi Ilmu Ekonomi.

Materi yang disampaikan dalam diskusi tersebut adalah “Sejak diberlakukannya UU No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan Islam yang diperkuat dengan UU No. 10 tahun 1998 sebagai pengganti UU No. 7 tahun 1992, Indonesia menganut sistem perbankan ganda yakni sistem perbankan konvensional berjalan berdampingan dengan sistem perbankan Islam. Hal ini didukung pula dengan dikeluarkannya UU No.23 tahun 1999 yang selanjutnya diamandemen dengan UU No. 3 tahun 2004 tentang Bank Indonesia yang memberikan kewenangan kepada Bank Indonesia untuk dapat pula menjalankan tugasnya berdasarkan prinsip Islam.
SISTEM PERBANKAN GANDA di INDONESIA
Pemberlakuan undang undang tersebut membuat perkembangan sistem menjadi lebih berkembang dengan munculnya sistem perbankan Islam. Kondisi ini membuat kebijakan makroprudensial diharapkan mampu meng-cover seluruh sistem keuangan yang ada di Indonesia, baik sistem konvensional maupun sistem Islam.

 

Untuk materi dapat diunduh di sini :

171906~2017 05 Jannatul_Makroprudensial dan Krisis-1

 

Beberapa dokumentasi dalam kegiatan BI Corner Lecture Series 4: