Tentang Spektro

Bank Indonesia Institute (BI Institute) memperkenalkan Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online (SPEKTRO) sebagai wajah baru Knowledge Management Bank Indonesia (BI). Sosialisasi dilakukan kepada para profesor dan dosen dari 70 Perguruan Tinggi yang melaksanakan kegiatan pengajaran/riset kebanksentralan di kampusnya masing-masing. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu tanggal 11 Agustus 2017 di Yogyakarta dan tanggal 7 September 2017 di Jakarta. Tentunya Perguruan Tinggi yang diundang adalah Perguruan Tinggi yang sudah memiliki kerjasama dengan BI seperti dari Universitas Indonesia, Universitas Jember, Universitas Sriwijaya, dan masih banyak yang lainnya.
SPEKTRO adalah sebuah Knowledge Management System (KMS) sebagai sarana pertukaran pengetahuan antara Bank Indonesia dan Perguruan Tinggi yang memiliki local wisdom dalam rangka edukasi kebanksentralan serta memberikan masukan terhadap kebijakan BI. Situs ini pada tahap awal didesain untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan stakeholders eksternal yang dilakukan dalam kaitannya dengan pelaksanaan MoU atau Nota Kesepahaman antara BI dengan Perguruan Tinggi. Pihak Perguruan Tinggi dapat membagikan kegiatan yang telah dilakukan dalam bentuk foto, video, bahkan riset pun dapat di share di situs ini.  Tentunya konten yang dibagikan diutamakan yang berkaitan dengan Bank Indonesia, kebanksentralan dan perekonomian nasional. Pengunggahan dilakukan sendiri oleh para profesor dan dosen sebagai Admin SPEKTRO dari masing-masing Perguruan Tinggi, dikoordinasikan oleh Admin Pusat dari BI Institute. Saat ini terdapat lima menu yang dapat diakses oleh Admin SPEKTRO yaitu menu pengajaran, menu seminar, menu kegiatan lainnya, menu pengajuan bantuan penelitian, dan menu forum diskusi. BI Institute masih akan terus menyempurnakan situs ini sehingga tidak menutup kemungkinan kedepannya masih akan bertambah jumlah menu yang dapat diakses.
Untuk pertama kalinya, berbagai kerjasama yang terwujud antara Bank Indonesia dan Perguruan Tinggi dapat terintegrasi dan terdokumentasi di satu tempat yaitu SPEKTRO. Proses upload bisa dilakukan dengan mudah layaknya media sosial seperti instagram, baik melalui PC/laptop maupun mobile gadget. Dengan demikian, proses berbagi pengetahuan antar Perguruan Tinggi yang melakukan edukasi kebanksentralan dapat dilakukan secara cepat dan efisien. SPEKTRO juga memberi peluang yang lebih luas bagi Perguruan Tinggi untuk dapat saling bertukar pengetahuan kebanksentralan, cara pembelajaran yang lebih efektif, bahkan juga saling melakukan pertukaran dosen pengajar untuk mata kuliah kebanksentralan. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi SPEKTRO di alamat www.spektro-bi.com.