BI Corner Lecture Series 9

April 16, 2018 oleh : superadmin-bicorner

Hari Jumat tanggal 13 April 2018, telah dilaksanakan kegiatan BI Corner Lecture Series 9 dengan pemateri Fanny Arumsari, S.E. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tema ” A Preliminary Research on Constructing Sharia Banking Resilience (SHABAR) Index”. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa yang sedang mempersiapkan sidang skripsinya.

Dalam kegiatan tersebut, Fanny mengambil kesimpulan bahwa ada 8 Tahap dalam Membangun Indeks Ketahanan Perbankan Syariah (SHABAR), yaitu;

(1) Kerangka Teoritis, (2) Pemilihan Data, (3) Imputasi Data Hilang, (4) Normalisasi, (5) Weigting and Aggregation, (6) Uji Kekokohan & Sensitivitas, (7) Kembali ke Data Nyata, ( 8) Presentasi & Visualisasi.
Studi ini mencatat bahwa tingkat ketahanan optimal perbankan Syariah di Indonesia ada dalam kisaran tertentu sebagai hasil kontribusi setiap indikator tunggal membangunnya. Selain itu penelitian ini dapat menjalankan pelacakan indikator mana yang berkontribusi terhadap ketidakstabilan sistem perbankan syariah di Indonesia dengan menggunakan peta panas.