BI Corner Lecture Series 8

BI Corner Lecture Series 8

Kegiatan BI Corner Lecture Series 8 ini dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2018 di ruang baca BI Corner UMY. Kegiatan ini diisi oleh Animsar Achmad selaku alumni prodi ilmu ekonomi UMY dengan tema “Analisis Macro Stress-Testing Terhadap Perbankan di Indonesia”.

Dalam diskusi ini membahas tentang seberapa besar shock faktor makroekonomi terhadap Non Performing Loan di Indonesia?

Jawabannya adalah setiap faktor makroekonomi memberikan besaran shock yang berbeda dengan tingkat yang berfluktuasi disetiap waktunya dan yang memberikan guncangan yang relatif tinggi ialah Inflasi dengan guncangan (0,21234) = 0.48 dan (0.53085) = 1.20 dan BI rate dengan guncangan (0.15666) = 0.57 dan (0.3165) = 1.42.

Lalu masalah selanjutnya adalah seberapa besar respon non performing loan terhadap guncangan simultan variabel makroekonomi di Indonesia? Dalam diskusi ini dibahas bahwa guncangan simultan variabel makroekonomi yang memberikan respon peningkatan yang tinggi terhadap NPL ialah gabungan dari variabel produk domestik bruto dan BI rate 1.57 dan -0.055 .

Animsar memberikan saran bahwa sektor perbankan harus bisa menerapkan early warning sytem dengan baik dalam hal melakukan ekspansi secara luas dengan memperhatikan variabel yang menjadi early warning incators . Selain itu, koordinasi antar lembaga juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi guncangan simultan yang dapat berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

Untuk materinya dapat diunduh di sini :

ppt presentase

Dokumentasi kegiatan :