BI Corner Lecture Series 2

BI Corner Lecture Series 2

BI Corner Lecture Series 2 dilaksanakan hari Jumat tanggal 6 Oktober 2017 pukul 13.00- selesai. Diskusi ini mengangkat tema “Monetary Instruments To Maintain Macroeconomic Stability” yang dibawakan oleh Fitra Prasapa Widyapurna, S.E.  

Diskusi ini membahas bahwa Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diambil oleh bank sentral atau Bank Indonesia dengan tujuan memelihara dan mencapai stabilitas nilai mata uang yang dapat dilakukan antara lain dengan pengendalian jumlah uang yang beredar di masyarakat dan penetapan suku bunga.

Adapun beberapa kebijakan moneter adalah :

1. Kebijakan Operasi Pasar Terbuka ( Open market Operation)

2. Kebijakan diskonto (discount policy)

3. Kebijakan cadangan khas

4. Kebijakan kredit ketat

5. Kebijakan dorongan moral (moral suasion)

Pada dasarnya kebijakan ini hadir untuk menjaga kestabilan jumlah uang yang beredar karena hal ini sangat berpengaruh dengan keadaaan ekonomi, ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat berlebih dan hal itu berlangsung terus menerus maka akan terjadi sebuah permasalahan dalam perekonomian misalkan menyebabkan inflasi dan lainnya. Begitu juga sebaliknya ketika jumlah yang beredar dalam masyarakat menipis bahkan kurang dan kejadian ini terjadi terus menerus maka kan terjadi krisis moneter di suatu negara akibat dari ketidakstabilan jumlah uang yang beredar.

 

Dokumentasi BI Corner Lecture 2: