BI Corner Lecture Series 1

BI CORNER LECTURE SERIES 1

Kegiatan diskusi dwi mingguan yang pertama ini dilaksanakan  pada tanggal 22 September 2017. Kegiatan ini diisi oleh Kaprodi Ilmu Ekonomi yaitu Dr. Imamudin Yuliadi, M.Si dengan tema ” Pengertian dan Peranan Uang dalam Perekonomian”. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa ilmu ekonomi yang ingin menambah pengetahuan mereka dengan diskusi dengan dosen mereka. Kegiatan ini dimulai pukul 13.00-15.00 WIB.

Dapat diambil kesimpulan bahwa uang merupakan alat untuk tukar menukar dan perdagangan dalam perekonomian. Uang tersedia dalam beberapa bentuk, ada yang berbentuk koin, lempengan biasa atau kertas. Namun terkandung nilai dan makna yang luar biasa. Masa ke masa uang banyak mengalami perkembangan, diantaranya adalah tahap sebelum barter, tahap barter, tahap uang barang, tahap uang logam, dan tahap uang kertas. Semua tahap berpengaruh di masa-nya. Pada zaman sekarang uang yang sering kita temui yaitu uang logam dan uang kertas. Dengan adanya lembaran-lembaran uang kita dapat membeli kebutuhan-kebutuhan yang kita inginkan dan kita perlukan, seperti sayur-sayuran, makanan, minuman, baju, tas dan lain-lain. Peran lain dari uang adalah sebagai penyimpanan nilai, kita bisa menyimpan uang dengan cara menabung, dan dapat kita gunakan ketika kita membutuhkan dan untuk kebutuhan – kebutuhan kita di masa depan. Uang merupakan tempat penyimpanan yang sangat peraktis karna kapan saja kita perlukan bisa kita ambil. Karena uang sangat penting, maka uang harus digunakan dengan bijak.

Kegiatan diskusi ini sebagai pembuka diskusi-diskusi selanjutnya yang dibuka oleh Pak Imamudin Yuliadi selaku kaprodi Ilmu Ekonomi. Semoga diskusi-diskusi selanjutnya dapat lebih memberikan manfaat khususnya bagi mahasiswa ilmu ekonomi UMY.

Materi dapat diunduh di sini :

172555~Materi BILC part 1.

 

Berikut ini dokumentasi dari BI Corner Lecture Series 1